Berdasarkan data desa pada bulan Desember 2016, jumlah penduduk Desa Kalibandung sebanyak 2402 orang. Jumlah Kepala Keluarga (KK) sebanyak 647 KK.

Jumlah penduduk Desa Kalibandung usia produktif pada tahun 2016 adalah 1321 orang. Jumlah angkatan kerja tersebut jika dilihat berdasarkan tingkat pendidikannya adalah sebagai berikut:

No.

Angkatan Kerja

L

P

Jumlah

1

Tidak Tamat SD

0

0

0

2

SD

0

0

0

3

SLTP

0

0

0

4

SLTA

0

0

0

5

Akademi

0

0

0

6

Perguruan Tinggi

0

0

0

Jumlah Total

0

0

0

 

Profil sosial masyarakat

Dalam aktivitas keseharian, masyarakat Desa Kalibandung sangat taat dalam menjalankan ibadah keagamaan. Setiap Rukung Tetangga (RT) dan pedukuhan memiliki kelompok-kelompok pengajian untuk yang beragam Islam. Pada peringatan hari besar Islam, penduduk Desa Kalibandung kerap menggelar acara peringatan dan karnaval budaya dengan tema yang disesuaikan dengan hari besar keagamaan. Sebagian besar warga Desa Kalibandung terafiliasi pada organisasi kemasyarakat Islam Nahdlatul Ulama (NU).

Gelaran perayaan lain selalu dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Setiap pedukuhan akan turut serta dan semangat menampilkan ciri khasnya dalam acara peringatan dan karnaval budaya.

Kelompok pemuda di Desa Kalibandung yang tergabung dalam kelompok pegiat Karang Taruna menjadi aktor utama dalam banyak kegiatan desa. Kelompok ini aktif menggelar program kegiatan untuk isu demokrasi kepada warga, penguatan ekonomi produktif, pelatihan penanggulangan bencana, dan kampanye Gerakan Remaja Sayang Ibu (GEMAS).

Sejumlah penduduk Desa Terong Kalibandung merantau di daerah di luar Kubu Raya. Namun, ikatan sosial mereka terhadap tanah kelahiran tetap tinggi. 

Profil politik masyarakat

Warga Desa Kalibandung dikenal sebagai kelompok masyarakat yang paling aktif dan memiliki potensi tertinggi untuk berpartisipasi dalam pemberian suara untuk Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah Langsung. Tingkat partisipasi warga di desa ini bisa dibilang cukup tinggi jika dibandingkan dengan desa-desa lain yang masih dalam tahap berkembang di Kabupaten Kubu Raya.

Permasalahan mendasar yang ada di Desa Kalibandung adalah tidak imbangnya jumlah pencari kerja dengan jumlah lapangan kerja yang tersedia. Sekalipun jumlah pengangguran di Desa Kalibandung pada Tahun 2016 tidak banyak tetapi kebanyakan mereka bekerja di luar Desa. Jadi, perlu gerakan kembali ke Desa serta menarik sumber-sumber ekonomi ke desa agar pencari kerja tidak banyak tersedot ke luar Desa.

 

Sumber:
Laporan Pertanggung Jawaban Lurah Desa Kalibandung, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya Tahun 2016.

Komentar
Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun). Komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh Admin
CAPTCHA Image