Desa Kalibandung

Kec. Sungai Raya
Kab. Kubu Raya - Kalimantan Barat

Info
Selamat Datang di Website Resmi Desa Kalibandung Kec. Sungai Raya Kab. Kubu Raya Prov. Kalimantan Barat

Artikel

Desa Kalibandung Mulai Bangun Jalan Menuju Kampung Teluk Inggris, Plywood, dan Parit Cegat

Khoirul

26 Juni 2024

44 Kali dibuka

Sungai Raya - Desa Kalibandung, tengah gencar melaksanakan pembangunan infrastruktur jalan yang sangat dinantikan oleh masyarakat setempat. Pembangunan ini melibatkan pembangunan jalan yang menghubungkan Kampung Teluk Inggris menuju Kampung Plywood, serta akan dilanjutkan pada tahun 2025 menuju Parit Cegat, (26/6/24).

Kepala Desa Kalibandung, Sanhaji, S.H menyatakan bahwa proyek pembangunan ini menggunakan anggaran desa tahun 2024. Jalan ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat hulu dan sekitarnya karena akses jalan tersebut sangat penting bagi aktivitas sehari-hari, terutama dalam menunjang perekonomian masyarakat. Jalan ini juga akan menjadi jalur utama menuju PT. GAN dan Desa Muara Baru.

Namun, proyek ini menghadapi tantangan besar. Pemerintah Desa Kalibandung hanya mampu menganggarkan pembangunan sepanjang 3 kilometer karena keterbatasan anggaran. Infrastruktur jembatan yang memadai sangat penting untuk memastikan kelancaran transportasi dan mobilitas warga. "Kami berharap tahun depan akan ada tambahan dana lagi karena banyak sekali jembatan yang harus diperbaiki," ujar Sanhaji, S.H.

Pembangunan jalan ini tidak hanya berfungsi sebagai sarana transportasi, tetapi juga diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat. Dengan adanya jalan yang baik, diharapkan akses menuju daerah tersebut akan menjadi lebih mudah. Selain itu, jalan yang memadai juga diharapkan dapat menarik investasi dan membuka peluang usaha baru bagi masyarakat setempat.

Desa Kalibandung telah bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mewujudkan proyek ini. Pemerintah Desa mengajak partisipasi aktif dari warga dalam proses pembangunan, baik melalui gotong royong maupun kontribusi pemikiran. "Karena kebetulan ada swadaya masyarakat, sisanya nanti akan menggunakan alat berat. Sebenarnya anggaran untuk jalan ini tidak mencukupi namun karena ini tanggung jawab desa maka harus bekerjasama dengan masyarakat," tambah Sanhaji, S.H.

Pembangunan jalan ini merupakan bagian dari rencana jangka panjang Desa Kalibandung untuk meningkatkan kualitas infrastruktur desa. Pemerintah Desa Kalibandung berkomitmen untuk terus mengupayakan tambahan anggaran dan mencari sumber dana lainnya agar pembangunan dapat diselesaikan sesuai dengan rencana.

Selain itu dengan adanya akses jalan ini, diharapkan nantinya dapat digunakan untuk melestarikan pengawasan Hutan Lindung dan pengawasan satwa-satwa langka. Hutan Lindung dan satwa-satwa langka merupakan ikon Desa Kalibandung, sehingga pembangunan jalan ini tidak hanya memudahkan transportasi dan kegiatan ekonomi saja, tetapi juga mendukung konservasi lingkungan serta mempermudah pengawasan satwa-satwa langka yang ada di daerah tersebut.

Masyarakat Desa Kalibandung menyambut baik inisiatif ini dan berharap pembangunan jalan ini dapat segera rampung. Kepala Desa Kalibandung berharap agar perusahaan yang berada di desanya ikut andil dalam pembangunan ini. "Sebenarnya di Desa Kalibandung banyak perusahaan. Semoga kedepannya perusahaan bisa membantu pembangunan akses jalan ini, karena jalan ini juga menjadi akses menuju perusahaan dan juga menuju desa muara baru," ujar Sanhaji, S.H dengan penuh harapan.

 

Kirim Komentar

Nama
Telp./HP
E-mail

Komentar

Captha

Komentar Facebook

Aparatur Desa

Kepala Desa

SANHAJI

Sekretaris Desa

SYAHRONI, S.Pd.I

Kaur Keuangan

HAMIDAH, S.Pd.I

Kaur Perencanaan

Muhammad Daffa Aslam

Kaur TU dan Umum

NATALIUS

Kasi Pemerintahan

NIRMALA

Kasi Kesejahteraan

ASMADI

Kasi Pelayanan

HASANAH

Kadus Maju Bersama

MOH. NASIRULLAH, S.Pd.I

Kadus Pulau Maju

TOTO SUMINTO

Kadus Maju Terus

ARIF BUDIANTO

Staf Kasi Pemerintahan

NOVALIA SINTA

Staf Kaur Keuangan

SAIFUL ANAM

Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri
Layanan Mandiri

Desa Kalibandung

Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat

Transparansi Anggaran

APBDes 2024 Pelaksanaan

Pendapatan

AnggaranRealisasi
Rp 1.758.393.116,40Rp 1.758.393.116,40

Pembiayaan

AnggaranRealisasi
Rp 49.673.000,00Rp 49.673.000,00

APBDes 2024 Pendapatan

Dana Desa

AnggaranRealisasi
Rp 978.182.000,00Rp 978.182.000,00

Bagi Hasil Pajak Dan Retribusi

AnggaranRealisasi
Rp 78.183.000,00Rp 78.183.000,00

Alokasi Dana Desa

AnggaranRealisasi
Rp 698.332.000,00Rp 698.332.000,00

Bunga Bank

AnggaranRealisasi
Rp 3.696.116,40Rp 3.696.116,40

APBDes 2024 Pembelanjaan

Lokasi Kantor Desa

Latitude:-0.3335190053750111
Longitude:109.6034889231669

Desa Kalibandung, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya - Kalimantan Barat

Buka Peta

Wilayah Desa